Selasa, 09 Juni 2020

PROGRAM KERJA PENJAGA SEKOLAH


BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Dasar Pemikiran
Keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kenyamanan lingkungan belajar. Kenyamanan lingkungan belajar akan terwujud jika kebersihan, keindahan dan sanitasi lingkungan sekolah tercipta. Kondisi seperti itu sudah seharusnya terus diupayakan.
Mengelola lingkungan yang bersih,indah dan sehat adalah sebuah amalan yang mulia. Kebersihan adalah sebagian dari iman.
Penyusunan Program Kerja Penjaga Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 ini agar lebih terarah terutama dalam hal budaya bersih, indah dan sehat.

B.     Maksud dan Tujuan
Program Kerja Penjaga Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia ini disusun dengan maksud memberikan arah pengelolaan lingkungan belajar yang bersih, indah dan sehat.

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan Program Kerja Penjaga SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia adalah hal-hal yang berkaitan dengan :
1.      Program kebersihan lingkungan sekolah.
2.       Program keindahan lingkungan sekolah.
3.      Program sanitasi lingkunga sekolah.



D.    Sistematika
Program Kerja Penjaga Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 kami susun dengan sistematika sebagai berikut :
BAB  I
: PENDAHULUAN

  A. Dasar Pemikiran

  B. Maksud dan Tujuan

  C. Ruang Lingkup

  D. Sistematika
BAB  II
: RENCANA    PELAKSANAAN    PROGRAM   TAHUN   PELAJARAN 2014/2015

: PERLENGKAPAN PENJAGA SEKOLAH SMK KESEHATAN PRO-SKILL INDONESIA
BAB  IV
: USULAN KEBIJAKAN
BAB  V
: PENUTUP





BAB  II
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Program Kerja Penjaga Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015  kami susun agar lebih mudah dipahami serta dapat menjadi acuan kerja yang lebih nyata dan dapat menjadi ukuran keberhasilan dalam pelaksanaannya, maka rencana pelaksanaan program ini kami bedakan menjadi tiga bagian yaitu program kerja kebersihan lingkungan, program kerja keindahan lingkunga dan program kerja sanitasi lingkungan yang kami uraikan di bawah ini :

A. Program Kebersihan Lingkungan
1.   Hal yang ingin dicapai
a.          Halaman dan pekarangan sekolah selalu bersih dan terawat dengan baik.
b.         Bangunan gedung sekolah dan bangunan lain dalam lokasi sekolah selalu bersih dan terawat dengan baik.
c.          Setiap ruang yang ada selalu bersih dan terawat dengan baik.
d.         Kamar mandi/toilet selalu bersih, terawat dan berfungsi dengan baik.

2.      Faktor yang diperkirakan menghambat
Masih seringnya siswa/i membuang sampah tidak pada tempatnya ataupun membuang sampah diluar jendela sehingga membuat kotor gedung sekolah.

3.      Usaha-usaha penanggulangannya
Mengupayakan pembinaan secara rutin terhadap siswa akan pentingnya menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan.

B.     Program Keindahan Lingkungan
1.      Hal yang ingin dicapai
a.       Papan nama sekolah selalu terawat, cat selalu utuh dan tampak segar (tidak kusam).
b.      Taman dan pot bunga ditata dengan harmonis dengan pilihan tanaman yang sesuai.
c.       Gambar dinding, poster, dan papan informsi yang lain ditata secara harmonis dan selalu terawat.
d.      Tembok semua bangunan yang ada baik luar maupun dalam, dicat secara periodik sehingga selalu segar (tidak kusam) dengan pilihan warna yang harmonis.
2.      Faktor yang diperkirakan menghambat
Sampai saat ini bangunan sekolah masih dala keadaan baik, belum ada

3.      Usaha-usaha penanggulangannya
Bekerja sama dengan seluruh komponen sekolah untuk mengupayakan pengalokasian dana untuk perawatan keindahan sekolah yang memadai.

C.    Program Sanitasi Lingkungan
1.      Hal yang ingin dicapai
a.       Halaman sekolah cukup terdapat tanaman hijau dan rindang, sehingga udara selalu segar dan minim polusi.
b.      Pengelolaan sampah dengan baik, sehingga tidak ada sampah yang terserak dan tertumpuk untuk menciptakan lingkungan yang bebas polusi karena sampah.
c.       Saluran air berfungsi dengan baik dan selalu bersih, bebas sampah.
d.      Kamar mandi/toilet berfungsi dengan baik, cukup air da tersedia sabun, lap dan kesed, serta jumlahnya seimbang dengan jumlah siswa.

2.      Faktor yang diperkirakan menghambat
Terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat harus didukung pendanaan yang cukup dan kesadaran warga sekolah yang tinggi, yang keduanya masih belum maksimal peran sertanya.

3.      Usaha-usaha penanggulangannya
Mengupayakan pendanaan yang memadai dan mengkampanyekan pentingnya lingkungan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari.



BAB  III
PERLENGKAPAN PENJAGA SEKOLAH
SMK KESEHATAN PRO-SKILL INDONESIA

A.       Perlengkapan
No.
Nama Barang
Keterangan
Baik/Ada
Rusak
1
Sapu lidi
-
2
Sapu lantai
-
3
Sulak/Kemoceng
-
4
Plastik Sampah
-
5
Tempat  sampah
-
6
Lap tangan
-
7
Tempat cuci tangan
-
8
Keset
-
9
Kain pel
-
10
Cangkul
-
11
Ember
-
12
Kain pengelap
-
13
Skop sampah
-
14
Ember
-
15
Barang habis pakai
-

B.     Anggaran
No.
Program
Keterangan

Ada
Tidak
1
Kebersihan Lingkungan


2
Keindahan Lingkungan


3
Kesehatan Lingkungan





BAB  IV
USULAN KEBIJAKAN

            Demi terwujudnya program kerja ini perlu dukungan pihak sekolah, Komite Sekolah dan seluruh warga sekolah. Dukungan tersebut berupa kebijakan, pendanaan, sarana dan prasarana serta peran serta masyarakat di lingkungan sekolah.
Beberapa  kebijakan yang yang kami usulkan kepada pihak terkait, antara lain :
1.      Adanya sosialisasi adanya program kebersihan, keindahan dan kesehatan sekolah kepada semua pihak yang terkait dengan program ini.
2.      Adanya penambahan alokasi dana dan perplengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan demi terlaksananya program ini.
3.      Adanya penambahan tenaga ekstra pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tenaga tambahan.

Demikian usulan kebijakan yang kami sampaikan dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan sehat untuk mendukung tercapainya visi dan misi sekolah.



BAB V
PENUTUP

Dengan tersusunnya Program Kerja Penjaga Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015  ini, maka tugas-tugas pokok penjaga sekolah mengacu pada program ini, tentunya situasi dan kondisi lingkungan tugas sangat berpengauh pada pelaksanaanya.
Program Kerja Penjaga Sekolah yang telah kami susun sebagai acuan kerja satu tahun mendatang masih banyak kekurangannya, hal itu karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman yang kami miliki. Untuk itu adanya saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya program ini.
Semoga Program Kerja Penjaga Sekolah ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya dalam rangka ikut mengkondisikan lingkungan belajar yang nyaman sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ironi Kehidupan Tata Usaha/Tenaga Adminitrasi Sekolah

Ironi Kehidupan Tata Usaha/Tenaga Adminitrasi Sekolah     Bukan ranah saya untuk menilai seseorang dari luarnya saja, bukan juga ranah saya ...