BAB I
PENDAHULUAN
A. Dasar
Pemikiran
Keberhasilan penyelenggaraan
pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kenyamanan lingkungan belajar. Kenyamanan
lingkungan belajar akan terwujud jika kebersihan, keindahan dan sanitasi
lingkungan sekolah tercipta. Kondisi seperti itu sudah seharusnya terus diupayakan.
Mengelola lingkungan yang
bersih,indah dan sehat adalah sebuah amalan yang mulia. Kebersihan adalah
sebagian dari iman.
Penyusunan Program Kerja Penjaga
Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 ini agar
lebih terarah terutama dalam hal budaya bersih, indah dan sehat.
B. Maksud
dan Tujuan
Program Kerja Penjaga Sekolah SMK
Kesehatan Pro-Skill Indonesia ini disusun dengan maksud memberikan arah
pengelolaan lingkungan belajar yang bersih, indah dan sehat.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup pembahasan Program
Kerja Penjaga SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia adalah hal-hal yang berkaitan
dengan :
1.
Program
kebersihan lingkungan sekolah.
2.
Program keindahan lingkungan sekolah.
3.
Program
sanitasi lingkunga sekolah.
D. Sistematika
Program Kerja Penjaga Sekolah SMK
Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 kami susun dengan
sistematika sebagai berikut :
BAB I
|
: PENDAHULUAN
|
A. Dasar
Pemikiran
|
|
B. Maksud dan
Tujuan
|
|
C. Ruang
Lingkup
|
|
D. Sistematika
|
|
BAB II
|
: RENCANA
PELAKSANAAN PROGRAM
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
: PERLENGKAPAN PENJAGA
SEKOLAH SMK KESEHATAN PRO-SKILL INDONESIA
|
|
BAB IV
|
: USULAN KEBIJAKAN
|
BAB V
|
: PENUTUP
|
BAB II
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Program Kerja Penjaga Sekolah SMK
Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 kami susun agar lebih mudah dipahami serta
dapat menjadi acuan kerja yang lebih nyata dan dapat menjadi ukuran
keberhasilan dalam pelaksanaannya, maka rencana pelaksanaan program ini kami
bedakan menjadi tiga bagian yaitu program kerja kebersihan lingkungan, program
kerja keindahan lingkunga dan program kerja sanitasi lingkungan yang kami
uraikan di bawah ini :
A. Program
Kebersihan Lingkungan
1. Hal yang ingin dicapai
a.
Halaman
dan pekarangan sekolah selalu bersih dan terawat dengan baik.
b.
Bangunan
gedung sekolah dan bangunan lain dalam lokasi sekolah selalu bersih dan terawat
dengan baik.
c.
Setiap
ruang yang ada selalu bersih dan terawat dengan baik.
d.
Kamar
mandi/toilet selalu bersih, terawat dan berfungsi dengan baik.
2.
Faktor
yang diperkirakan menghambat
Masih seringnya siswa/i membuang
sampah tidak pada tempatnya ataupun membuang sampah diluar jendela sehingga
membuat kotor gedung sekolah.
3.
Usaha-usaha
penanggulangannya
Mengupayakan
pembinaan secara rutin terhadap siswa akan pentingnya menjaga kebersihan, baik
kebersihan diri maupun lingkungan.
B. Program
Keindahan Lingkungan
1.
Hal
yang ingin dicapai
a. Papan nama sekolah selalu terawat,
cat selalu utuh dan tampak segar (tidak kusam).
b. Taman dan pot bunga ditata dengan
harmonis dengan pilihan tanaman yang sesuai.
c. Gambar dinding, poster, dan papan
informsi yang lain ditata secara harmonis dan selalu terawat.
d. Tembok semua bangunan yang ada baik
luar maupun dalam, dicat secara periodik sehingga selalu segar (tidak kusam)
dengan pilihan warna yang harmonis.
2.
Faktor
yang diperkirakan menghambat
Sampai saat ini bangunan sekolah
masih dala keadaan baik, belum ada
3.
Usaha-usaha
penanggulangannya
Bekerja sama dengan seluruh komponen
sekolah untuk mengupayakan pengalokasian dana untuk perawatan keindahan sekolah
yang memadai.
C. Program
Sanitasi Lingkungan
1.
Hal
yang ingin dicapai
a. Halaman sekolah cukup terdapat
tanaman hijau dan rindang, sehingga udara selalu segar dan minim polusi.
b. Pengelolaan sampah dengan baik,
sehingga tidak ada sampah yang terserak dan tertumpuk untuk menciptakan
lingkungan yang bebas polusi karena sampah.
c. Saluran air berfungsi dengan baik
dan selalu bersih, bebas sampah.
d. Kamar mandi/toilet berfungsi dengan
baik, cukup air da tersedia sabun, lap dan kesed, serta jumlahnya seimbang
dengan jumlah siswa.
2.
Faktor yang diperkirakan menghambat
Terwujudnya lingkungan sekolah yang
sehat harus didukung pendanaan yang cukup dan kesadaran warga sekolah yang
tinggi, yang keduanya masih belum maksimal peran sertanya.
3.
Usaha-usaha penanggulangannya
Mengupayakan pendanaan yang memadai
dan mengkampanyekan pentingnya lingkungan yang sehat dalam kehidupan
sehari-hari.
BAB III
PERLENGKAPAN PENJAGA SEKOLAH
SMK KESEHATAN PRO-SKILL INDONESIA
A. Perlengkapan
No.
|
Nama Barang
|
Keterangan
|
|
Baik/Ada
|
Rusak
|
||
1
|
Sapu lidi
|
-
|
√
|
2
|
Sapu lantai
|
√
|
-
|
3
|
Sulak/Kemoceng
|
√
|
-
|
4
|
Plastik Sampah
|
√
|
-
|
5
|
Tempat sampah
|
√
|
-
|
6
|
Lap tangan
|
-
|
√
|
7
|
Tempat cuci tangan
|
√
|
-
|
8
|
Keset
|
√
|
-
|
9
|
Kain pel
|
√
|
-
|
10
|
Cangkul
|
-
|
√
|
11
|
Ember
|
√
|
-
|
12
|
Kain pengelap
|
√
|
-
|
13
|
Skop sampah
|
-
|
√
|
14
|
Ember
|
√
|
-
|
15
|
Barang habis pakai
|
√
|
-
|
B. Anggaran
No.
|
Program
|
Keterangan
|
|
|
Ada
|
Tidak
|
|||
1
|
Kebersihan Lingkungan
|
√
|
|
|
2
|
Keindahan Lingkungan
|
√
|
|
|
3
|
Kesehatan Lingkungan
|
√
|
|
BAB IV
USULAN KEBIJAKAN
Demi
terwujudnya program kerja ini perlu dukungan pihak sekolah, Komite Sekolah dan
seluruh warga sekolah. Dukungan tersebut berupa kebijakan, pendanaan, sarana
dan prasarana serta peran serta masyarakat di lingkungan sekolah.
Beberapa kebijakan yang yang kami usulkan kepada pihak
terkait, antara lain :
1. Adanya sosialisasi adanya program
kebersihan, keindahan dan kesehatan sekolah kepada semua pihak yang terkait
dengan program ini.
2. Adanya penambahan alokasi dana dan
perplengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan demi terlaksananya program
ini.
3. Adanya penambahan tenaga ekstra pada
pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tenaga tambahan.
Demikian usulan kebijakan yang kami
sampaikan dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan
sehat untuk mendukung tercapainya visi dan misi sekolah.
BAB V
PENUTUP
Dengan tersusunnya Program Kerja
Penjaga Sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 ini, maka tugas-tugas pokok penjaga sekolah
mengacu pada program ini, tentunya situasi dan kondisi lingkungan tugas sangat
berpengauh pada pelaksanaanya.
Program Kerja Penjaga Sekolah yang
telah kami susun sebagai acuan kerja satu tahun mendatang masih banyak
kekurangannya, hal itu karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman yang kami
miliki. Untuk itu adanya saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan
demi sempurnanya program ini.
Semoga Program Kerja Penjaga Sekolah
ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya dalam rangka ikut mengkondisikan
lingkungan belajar yang nyaman sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung
sesuai harapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar