PROGRAM KERJA
TENAGA ADMINISTRASI
SEKOLAH
Disusun Oleh :
Kartini, S.ST
NIK. 2015040492068
SMK
KESEHATAN PRO-SKILL INDONESIA
PEKANBARU
2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji
syukur diucapkan kepada Allah Subhanallah wata’ala, dengan izinnya penulis sudah
merampungkan pembuatan program kerja tenaga administrasi sekolah SMK Kesehtan
Pro-Skill Indonesia yang menjadi pedoman kerja dalam pelaksaan tugas administrasi
di sekolah.
Salah
satu upaya kongkrit untuk mencapai tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan
Program Kerja Tata Usaha Sekolah, maka tata
usaha menyusun Program kerja yang harus dilaksanakan oleh
semua unsur yang terkait dalam Organisasi Sekolah. Program ini merupakan
landasan operasional Tata Usaha Sekolah yang dilaksanakan secara bertahap
berkesinambungan terarah dan komprehensip sehingga diharapkan dapat berhasil
sinergi yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja karyawan atau Tata Usaha Sekolah.
Tata
Usaha Sekolah semaksimal mungkin
memaparkan sebagai aspek dan Jadwal kegiatan,namun kami menyadari bahwa
tidak tertutup kemungkinan dalam menyusun program kerja ini belum mencapai
tingkat kesempurnaan, baik sisi subtansi maupun target pelaksanaan dan
sebagainya.
Akhirnya
kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan program kerja ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikannya.
Pekanbaru, 12 Juli 2014
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Tahun pelajaran
2014/2015 dilewati dengan hasil
yang cukup menggembirakan dibidang pendidikan. Hal ini dikarenakan SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia
yang tentu saja masih dalam kekurangan.
Sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas
Nomor 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
Untuk mencapai tujuan kelembagaan di
atas, maka perlu ditunjang dengan pelayanan administrasi sekolah yang teratur, terncana
dan berkesinambungan sehingga dengan pelayanan administrasi yang baik akan
dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.
Sejalan dengan
hal tersebut maka Tata Usaha telah menyiapkan komponen yang tidak terpisahkan
dalam kelembagaan sekolah dam ditunutut untuk mewujudkan untuk mewujudkan suatu
program Tata Usaha yang mandiri yang betul-betul dalam realisasi kerjanya dapat
menunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan lembaga yang dimaksud.
Dengan demikian
program kerja ini diharapkan dalam setiap langkah kegiatan yang dilaksanakan
dapat menunjang usaha peningkatan mutu pendidikan.
B.
LANDASAN
HUKUM
Landasan
Hukum pelaksanaan Pendidikan di SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia pekanbaru
adalah :
1. UU
Nomor 22 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
2. PP
Nomor 99 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional No. 24 tahun 2008 tentang standar Tenaga Administrasi Sekolah
4. AD
dan ART Yayasan Putra Riau Membangun tanggal 30 Juli 2012.
5. Rekomendasi
izin operasional SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia tanggal 22 Juni 2012.
6. Izin
Pendirian Sekolah menengah kejuruan SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia tanggal
16 Juli 2012.
C. VISI
DAN MISI SEKOLAH
Sebelum
membuat visi dan misi sekolah, sekolah sajikan visi dan misi Yayasan Putra
Membangun (YPRM) sebagai panduan merumuskan visi dan misi sekolah, karena SMK
Kesehatan Pro-Skill Indonesia Pekanbaru bernaung dibawah yayasan tersebut.
1.
Visi
dan Misi Yayasan
a) Visi
Yayasan
Terciptanya keswadayaan
yayasan yang bertaqwa dalam memberikan layanan untuk semua dan upaya menjawab
persoalan yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat.
b) Misi
Yayasan
1. Membantu
lembaga pendidikan dengan melibatkan masyarakat dalam mencakup pemerintah
2. Melaksanakan
program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
3. Melaksanakan
pengembangan, pengkajian dan perhatian terhadap persoalan-persoalan baik
pendidikan, kesejahteraan sosial, budaya, ketenagakerjaan gender serta
penegakan HAM.
2.
Visi
dan Misi Sekolah
a.
Visi
Sekolah
Menjadikan SMK
Kesehatan yang profesional, mahir, terampil dan mandiri berstandar lokal,
nasional, dan internasinal
b.
Misi
Sekolah
1. Mempersiapkan
peserta didik menjadi tenaga kerja yang beriman dan bertaqwa serta berjiwa
enterprenuer
2. Memepersiapkan
peserta didika menjadi tenaga-tenaga kerja yang mahir dan terampil serta
profesional dalam bidangnya
3. Membentuk
sikap dan perilaku peserta didik yang berakhlak mulia berakar pada nilai-nilai
budaya bangsa
4. Meningkatkan
manajemen sekolah dalam mewujudkan visi sekolah
5. Menghasilakan
tenaga medis yang berdedikasi tinggi, profesional, disiplin dan bertanggung
jawab.
6. Meningkatkan
kemampuan tenaga pendidik dan peserta didik dalam bidang teknologi informasi
dan komunikasi (ICT) dan bahasa asing
7. Mempersiapkan
lulusan SMK Kesehatan yang mampu bersaing di dunia kerja lokal, nasional dan
internasional
8. Mempersiapkan
lulusan SMK Kesehatan mampu untuk melanjutkan pendidikan kejuruannya ketingkat
yang lebih tinggi
9. Menjalin
kerja sama dengan instansi terkait (kesehatan) dan instansi lainnya dalam
memajukan sekolah baik lokal, nasional maupun internasional
10. Meningkatkan
kesejahteraan anggota baik tenaga pendidik maupun tenaga secara bertahap dan
berkelanjutan.
D. TUJUAN
Program Kerja
Tata Usaha ini disusun dengan tujuan :
1. Memberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan Administrasi
di SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia
2. Sebagai penjabaran dari rencana Kerja Tata Usaha
selaku tenaga Administrasi SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia
3. Untuk memudahkan pelaksanaan supervisi dan evaluasi
yang dapat mengadakan tindak lanjut perbaikan / pengembangan Tahun-tahun
berikutnya.
4. Sebagai acuan pelaksanaan Administrasi di SMK
Kesehatan Pro-Skill Indonesia
5. Tertibnya Administrasi Tahun Pelajaran 2014/2015.
E. RUANG
LINGKUP
Tata Usaha sebagai basis
administrasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan, yang memiliki
peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan. yaitu sebagai:
1.
Pengelolaan
administrasi kepegawaian, administrasi kesiswaan, administrasi kehumasan,
administrasi ketatausahaan, dan administrasi persuratan dan kearsipan,
2.
Penyiapan data
dan informasi SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia, dan hubungan masyarakat
3.
Pelaksanaan
penyusunan laporan kegiatan urusan tata usaha SMK Kesehatan Pro-Skill
Indonesia.
BAB II
ADMINISTRASI TATA USAHA SEKOLAH
A. Administrasi
Kepegawaian
1.
File Guru dan pegawai Merupakan
kumpulan data / berkas berkas masing – masing guru dan pegawai seperti SK.
Pengangkatan pertama sampai dengan terakhir, SK berkala, Ijasah, dll. Manfaat
dari file guru dan pegawai untuk memudahkan mencari data dan mencari
arsip-arsip data guru dan pegawai.
2.
Buku induk guru
dan pegawai Merupakan buku yang berisi data – data guru dan pegawai manfaatnya
untuk mengetahui jumlah guru yg ada, dan urutan yang ke berapa mulai berada di
instansi tersebut.
3.
Mendata kondisi
guru dan pegawai
4.
Uraian tugas /
Tata tertib guru dan pegawai
5.
Menerbitkan Surat Tugas/Keputusan
6.
Mengelola Daftar
Hadir guru dan pegawai
B.
Administrasi
Kehumasan
1. Membantu
Proses Kegiatan Komite
2. Mencatat Dan
Mendokumentasikan Proses Kegiatan Kehumasan
C.
Administrasi
Ketatausahaan
Dalam hal
tersebut yang perlu disiapkan / disediakan
1.
Program kerja tata usahan Merupakan rencana kerja ketatausahaan
yang akan dilakukan selama tahun pelajaran berlangsung dengan bertujuan supaya
dalam melaksanakan tugas terarah sesuai program yang dibuat.
2.
Absensi dan rekap absen guru dan pegawai Absensi dan
rekap absen guru dan pegawai digunakan untuk mrngetahui kehadiran dan tidak
kehadiran guru/pegawai dan jam berapa hadir dan jam berapa pulang sedangkan
rekap untuk mengetahui berapa jumlah masing-masing guru yang tidak hadir dalam
satu bulan.
3.
Buku agenda masuk keluar Merupakan buku yang mencatat
surat masuk dan keluar
4.
Buku Piket Merupakan buku yang digunakan untuk
menerima tamu ataupun kunjungan tamu yang datang.
5.
Membantu menyiapkan laporan kemajuan belajar siswa
6.
Membantu membuat Laporan bulanan untuk Dinas
7.
Sistem penyimpanan arsip Sistem penyimpanan arsip
yaitu surat masuk dan surat keluar disimpan sesui dengan kode-kode yang ada dan
diurutkan sesuai tanggal masuk atau keluar tujuan dari sistem menyimpanan ini
untuk memudahkan mencari kembali surat yang masuk dan surat yang keluar dll.
D. Administrasi
Persuratan Dan Kearsipan
Langkah-langkah
yang akan dilaksanakan dalam pengadministrasian surat menyurat adalah :
1. Surat Keluar
a. Mengetik surat keluar
b. Memasukan surat
c. Memasukan pada buku agenad keluar
d. Mendokumentasikan surat keluar
e. Memelihara Dan Menata Kearsipan Dan Dokumen
2.
Surat
Masuk
a. Mengkonsultasikan surat kepada kepala sekolah
b. Memasukan pada buku agenda masuk
c. Mendokumentasikan surat masuk
d. Memelihara Dan Menata Kearsipan Dan Dokumen
E. Administrasi Kesiswaan
1. Rekap absen siswa buku rekap yang
berisi tentang rekap masing – masing siswa yang tidak hadir dalam satu bulan.
2. Klaper buku
yang mencatat nama siswa menurut abjad
3. Data siswa
digunakan untuk mengetahu jumlah siswa per kelas, Nomor induk siswa, tempat
tanggal lahir siswa, asal sekolah siswa, agama, nama orang tua serta alamat
tempat tinggal siswa
4. Buku
kumpulan nilai buku yang berisi tentang kumpulan nilai dari beberapa bidang
studi mulai dari semester satu sampai semester dua manfaat dari buku ini untuk
dipindahkan di buku induk siwa dalam lembaran pelaporan hasil belajar siswa
5. Menyiapkan
kartu SPP siswa
6. Menyiapkan
Kartu Pelajar untuk siswa
7. Menyediakan
Blanko izin keluar masuk kelas
8. Nominasi
siswa daftar susunan nama siswa yang akan mengikuti Ujian Akhir Nasional
9. Foto copy ijasah/
DHUN/ Transkip/sertifikat siswa dan tamatan : kumpulan ijasah siswa yang telah
lulus, dikelompokkan sesuai tahun pelajaran
10. Rapor siswa
: Buku hasil belajar siswa yang diberikan kepada siswa setiap semester
E. Tugas Pokok Dan Fungsi Tenaga Administrasi
SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia
- Melaksanakan urusan surat menyurat yang meliputi surat masuk, surat keluar, ekspedisi, kearsipan, dan dokumentasi;
- Melaksanakan urusan rumah tangga kantor yang meliputi kebersihan, keamanan, ketertiban, dan keindahan di lingkungan kantor;
- Melaksanakan pengurusan alat tulis kantor dilingkungan kantor;
- Melaksanakan pengaturan dan penyediaan fasilitas rapat dinas dan upacara;
- Menyiapkan Kalender Pendidikan bersama wakil kepala sekolah urusan kurikulum
- Menyiapkan SK Pembagian Tugasbersama wakil kepala sekolah urusan kurikulum
- Menyiapkan Struktur Organisasi Sekolah
- Menyiapkan Jadwal Pelajaran bersama wakil kepala sekolah urusan kurikulum
- Menyiapkan Acara kerja Kepala Sekolah
- Menyiapkan Jadwal Guru Piket
- Menyiapkan Buku Piket
- Menyiapkan Buku Pembinaan
- Menyiapkan Himpunan Hasil supervisi
- Menyiapkan Buku Pengumuman
- Menyiapkan Buku Notula Rapat
- Menyiapkan Buku Tamu Umum dan Khusus
- Menyiapkan Daftar hadir guru dan tenaga tataUsaha
- Menyiapkan Program satuan pelajaran, perangkat KBM lainnya untuk proses belajar mengajar tatap muka dikelas
- Menyiapkan Buku agenda surat keluar / masuk
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Wakil kepala sekolah dan Kepala Bagian Tata Usaha.
F. Struktur Organisasi
BAB
III
PROGRAM
KERJA TENAGA
ADMINISTRASI SEKOLAH
Program
kerja ini merupakan salah satu landasan / pedoman dalam rangka melaksanakan
tugas Tata Usaha Sekolah dan menitik beratkan pada penyusunan administrasi
Sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan Sekolah tahun pelajaran 2014/2015.
A. Program jangka
pendek
Program kerja jangka pendek merupakan bagian atau harus
dilaksanakan tahun pertama oleh Tata Usaha Sekolah
Penyusunan Program Tata Usaha Sekolah
1. Menyusun
Administrasi Kepegawaian
2. Membantu
Adninistrasi Kehumasan
3. Menyusun Administrasi
Ketatausahaan
4. Menyusun
Administrasi Persuratan dan Kearsipan
5. Menyusun
data dan Administrasi Kesiswaan
6. Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan pengurus ketata Usahaan Sekolah secara berkala
7. Menjalin
hubungan yang baik dengan masyarakat
B. Program
jangka menengah dan jangka panjang
1.
Program kerja jangka menengah merupakan kelanjutan
atau penyempurnaan program jangka pendek, dan program jangka panjang merupakan
rangkaian terakhir dari seluruh kerja Tata Usaha
2.
Evaluasi pelaksanaan program program jangka menengah
yang mencapai penyempurnaan dilaksanakan dalam program kerja yang berikutnya
(terakhir)
3.
Tabel Program kerja yang akan dilaksanakan kurun waktu
2014/2015.
No
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
1.
|
Juli
2014
|
|
2.
|
Agustus
2014
|
|
3.
|
September
2014
|
|
4.
|
Oktober
2014
|
1. Pembuatan Laporan Bulanan Sekolah
2. Mempersiapkan tempat untuk rapat
Guru dan pembagian tugas
3. Mendata siswa yang bermasalah
kehadirannya
4. Pengumpulan Ijazah siswa kls X, XI,XI
5. Pengetikan Daftar Peserta UN
6. Melaksanakan pengurusan
alat tulis kantor dilingkungan kantor
7. Menyiapkan Buku Notula Rapat
8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Wakil kepala
sekolah dan Kepala Bagian Tata Usaha.
9. Melaksanakan urusan
surat menyurat yang meliputi surat masuk, surat keluar, ekspedisi, kearsipan,
dan dokumentasi;
|
5.
|
November
2014
|
|
6.
|
Desember
2014
|
|
7.
|
Januari
2015
|
|
8.
|
Februari
2015
|
|
9.
|
Maret
2015
|
|
10.
|
April
2015
|
|
11.
|
Mei
2015
|
|
12.
|
Juni
2015
|
|
BAB
V
PENUTUP
Dengan
segala kekuarang dan keterbatasan Program Kerja Tenaga Administrasi Seolah SMK
Kesehatan Pro-Skill Indonesia tahun pelajaran 2014/2015 telah kami susun
walaupun pada kenyataanya jauh dari kesempurnaan karena terbatasnya kemampuan
dan pengalaman yang kami miliki.
Tentunya
harapan kami, sempurnanya program kerja tenaga administrasi sekolah mendatang
segala kritik yang konstruktif dari para pembaca sangat diharapkan termasuk
sumbangan fikiran dan saran-saran lainnya.
Dengan
dibuatnya program kerja ini, kami berharap dapat tercapai semua sasaran yang
direncanakan dan betul-betul dapat dijadikan landasan untuk semua staf Tata
Usaha, dalam melaksanakan tugas yang dibebankan sesuai dengan tugas yang
diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar